Friday, April 27, 2012

TEKNOLOGI TUTUP BENSIN MOBIL, Teknologi Lubang Pengisian Bensin Mobil Tanpa Tutup

ADVERTISME
TEKNOLOGI TUTUP BENSIN MOBIL, Teknologi Lubang Pengisian Bensin Mobil Tanpa Tutup | Kebangkitan GM dari kebangkrutan ditandai dengan adanya inovasi-inovasi melalui produk terbaru. Salah satu di antaranya dari Cadillac ketika memperkenalkan XTS 2013 dengan desain lubang pengisian bahan bakar tanpa penutup (capless fueling). Gambarannya seperti di mobil F1 (ketika regulasi masih membolehkan refueling), kru tinggal memasukkan nosel bahan bakar sambil ditekan dan bila penuh dicabut.
Bedanya, kalau di mobil balap tanpa penutup utama, sedang di XTS ada, sama seperti umumnya mobil-mobil jalanan. Hanya, di lubang saluran itu masih terdapat dua pintu.
Cara kerjanya, ketika nosel bahan bakar dimasukkan, bagian ujungnya akan mendorong kedua daun pintu. Lantas, nosel tersebut akan dikunci oleh segel karet yang ada pada sisi lubang pengisian bahan bakar secara otomatis. Melalui sistem dua pintu ini memungkinkan tangki tetap kedap udara dan tidak bocor.
"Sistem baru ini akan memberikan kelebihan bagi pengendara dengan tangan tetap bersih, serta cat bebas dari goresan yang sering diakibatkan oleh tutup tangki yang terayun," jelas John Hamilton, Cadillac fuel fill systems design engineer.
Capless fueling ini dikembangkan karena lubang bahan bakar harus benar-benar tertutup rapat. Karena jika tutup bahan bakar longgar seperti yang banyak terjadi pada sistem konvensional, membuat lampu "check engine" menyala. Nantinya pada XTS 2013 desain lubang tersebut akan lebih kecil, sehingga bisa menghindari bahan bakar yang menetes saat pengisian dilakukan.
sumber:kompas
Artikel Terkait






0 comments:

Post a Comment