Wednesday, June 19, 2013

Cara Sehat Serta Teknik Mengkonsumsi Gula, Garam Dan Lemak

ADVERTISME
Cara Sehat Serta Teknik  Mengkonsumsi Gula, Garam Dan Lemak | Gula, lemak, dan garam merupakan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun jangan mengonsumsi ketiga zat tersebut secara berlebihan, bisa-bisa terserang penyakit tidak menular (PTM) seperti diabetes, hipertensi, serangan jantung, bahkan stroke.

"Hampir semua penyakit tidak menular itu kronis dan yang mengalami pun bukan hanya orang dewasa, tetapi juga remaja. Tidak hanya masyarakat ekonomi kelas atas atau menengah saja, masyarakat ekonomi menengah ke bawah pun banyak yang menderita PTM ini," papar Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI DR. Ekowati Rahajeng, SKM, M.Kes.

Hal itu disampaikan dia dalam Media Workshop 'Cermati Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak, dan Baca Label Kemasan Makanan' di Restoran Kembang Goela, Plaza Sentral, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Untuk mencegah kelebihan konsumsi gula, garam, dan lemak, pemerintah telah mencanangkan program mawas diri dengan perilaku CERDIK. Perilaku CERDIK terdiri dari Cek kondisi kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kendalikan stres.

Menurut Ekowati, tingkat edukasi pada masyarakat tentang anjuran konsumsi gula, lemak, dan garam pun perlu disosialisasikan lebih giat lagi. "Karena masyarakat menengah ke bawah yang menderita PTM rata-rata tingkat pengetahuannya terhadap kesehatan belum mencukupi. Serangan jantung dikira masuk angin, sehingga saat ditangani, kondisinya sudah parah," terangnya.

Hal yang perlu juga diperhatikan adalah jumlah takaran normal konsumsi gula, garam, dan lemak tiap harinya. Per harinya, takaran normal seseorang mengonsumsi gula adalah empat sendok makan. Sedangkan untuk konsumsi garam sebesar satu sendok teh, dan untuk lemak adalah lima sendok makan minyak.

Tak hanya orang dewasa, menurut Ekowati, anak-anak pun patut diberi perhatian dalam masalah mengonsumsi makanannya, terutama jajanan di sekolah. "Oleh karena itu sejak dini perlu ditanamkan gaya hidup sehat pada anak-anak, misalnya dengan mengonsumsi sayuran dan buah, serta diberi tahu makanan apa saja yang berbahaya," jelasnya. 

Pihak sekolah pun diminta mendukung gaya hidup sehat, misalnya dengan membuat kantin yang sehat sehingga murid tidak jajan sembarangan.

sumber detik.com


cara ceredas mengkonsumsi gula garam dan lemak | penyakit akibat gula | cara menghindari darah tinggi |   takaran yang pas mengkonsumsi gula garam dan lemak

0 comments:

Post a Comment