Tuesday, May 14, 2013

Penyebab Terowongan PT Freeport Ambruk Dan Jumlah Korbannya

ADVERTISME
Penyebab Terowongan PT Freeport Ambruk Dan Jumlah Korbannya - Para Pekerja Terperangkap di Terowongan Freeport. Apa Sebabnya? Peristiwa tragis ini menimpa sejumlah karyawan PT Freeport Indonesia, sebuah tambang tembaga dan emas di Mimika Papua. Selasa, 14 Mei 2013, secara menggerikan salah satu terowongan tertutup tanah yang rubuh. Horor ini terjadi pukul 7 lebih 45 menit waktu Indonesia Timur.
Sekitar 32 orang terperangkap. Terowongan yang tertutup itu terletak di sekitar jalan masuk ke area Big Gossan, Mil 74 dari arah Timika, ibukota Kabupaten Mimika.
Mengetahui kenggerian itu manajemen perusahaan itu bergerak cepat. Tim Emergency Response Group (ERG) Freeport dan tenaga bantuan petugas medis Rumah Sakit SOS Tembagapura, karyawan Security and Risk Manajement (SRM) beserta sejumlah anggota polisi dari Polsek Tembagapura berusaha keras mengevakuasi para korban. Evakuasi dilakukan dengan cara menembus sisi lorong lain dari terowongan itu. 

Sebagaimana dilansir Reuters, Selasa 14 Mei 2013, hingga pukul 19.00 WIB, ada yang ditemukan dalam sudah tak bernyawa dan sejumlah orang masih belum dapat ditemukan dalam reruntuhan tambang bawah tanah itu.  Menurut polisi, dua korban tewas ditemukan setelah evakuasi seharian. "Identitasnya belum diketahui," kata Juru Bicara Polda Papua, Kombes I Fede Sumerta Jaya.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Rozik B. Soetjipto, belum bersedia menjawab pertanyaan apakah ada korban tewas dalam kejadian ini. Hari ini, katanya, manajemen fokus pada upaya penyelamatan dan evakuasi. "Besok sore (15 Mei 2013) akan ada press conference. Insya Allah akan disampaikan update sehubungan dengan musibah tersebut," kata Rozik saat dihubungi VIVAnews.

Freeport Indonesia dalam keterangan tertulis menyampaikan bahwa sekitar 40 orang karyawan dan pekerja kontrak berada dalam pusat pelatihan tambang bawah tanah saat keruntuhan itu terjadi. Tiga pekerja berhasil meloloskan diri tanpa luka dari lokasi kejadian.

Sementara empat pekerja berhasil dievakuasi oleh tim penyelamat pukul 08:00 WIT dan telah dibawa ke Rumah Sakit Tembagapura untuk evakuasi medis. "Pikiran dan doa kami bersama para karyawan dan keluarga mereka. Prioritas pertama kami adalah pencarian dan upaya penyelamatan dan keselamatan tenaga kerja Freeport," katanya.

Vice President Corporate Communications Freeport Indonesia, Daisy Primayanti menjelaskan longsor terjadi di terowongan fasilitas pelatihan tambang bawah tanah runtuh menimpa sejumlah karyawan. Lokasi longsor berada di tingkat kesulitan yang tinggi sehingga proses penyelamatan membutuhkan waktu.

Berikut daftar nama seluruh korban yang terjebak dalam terowongan yang dilansir polisi. 
1. Muhtadi
2. Leonardus sparta
3. Aan nugraha
4. Soleman
5. Hasbullah
6. Herman susanto
7. Aris tikupasan
8. Ahmad rusli
9. Roy kailuhu
10. Amir tika
11. Febri tandungan
12. Petrus marengkerena
13. Jhoni tulak
14. Towali
15. Montahdim ahmad
16. Victoria sanger
17. Ferry edison pangaribuan
18. Lestari siahaan
19. Gito sikku
20. Wandi
21. Petrus duli
22. Retno bone
23. Alham
24. Rudi sitorus
25. Murdani tamanthi
26. Joni v. Gadje
27. Makmur
28. Florentinus kakupu
29. Kenny wanggai
30. Daud gobay
31. Selvianus edoway
32. Yatinus tabuni
33. Matheus marandok
34. Frelthon wanggai
35. Daniel eramuri
36. Yusak deda
37. Hengki hendambo
38. Ronny dolame
39. Andarias msen
40. Lewi mofu
41. Arinus magal

sumber vivanews

Penyebab Terowongan PT Freeport Ambruk Dan Jumlah Korbannya | jumlah korban terowongan pt freeport | jumlah yang minggal terowongan pt freeport


0 comments:

Post a Comment